PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA DASAR UNTUK CALON GURU BIOLOGI

Penelitian yang menggunakan metode Research and Development ini bertujuan mengembangkan bahan ajar Fisika Dasar untuk calon guru biologi. Responden penelitian adalah mahasiswa calon guru biologi semester 2 tahun 2007/2008 sebanyak 33 orang dan semester 1 tahun 2008/2009 sebanyak 35 orang pada sebuah...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Toto, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2009-07-27.
Subjects:
Online Access:Get Online
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02595 am a22002773u 4500
001 repoupi_8238
042 |a dc 
100 1 0 |a Toto, -  |e author 
245 0 0 |a PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA DASAR UNTUK CALON GURU BIOLOGI 
260 |c 2009-07-27. 
500 |a http://repository.upi.edu/8238/1/d_ipa_9393867_table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/8238/2/d_ipa_9393867_chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/8238/3/d_ipa_9393867_chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/8238/4/d_ipa_9393867_chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/8238/5/d_ipa_9393867_chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/8238/6/d_ipa_9393867_chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/8238/7/d_ipa_9393867_bibliography.pdf 
520 |a Penelitian yang menggunakan metode Research and Development ini bertujuan mengembangkan bahan ajar Fisika Dasar untuk calon guru biologi. Responden penelitian adalah mahasiswa calon guru biologi semester 2 tahun 2007/2008 sebanyak 33 orang dan semester 1 tahun 2008/2009 sebanyak 35 orang pada sebuah LPTK-PTS di Jawa Barat. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner, wawancara, analisis dokumen, tes awal dan tes akhir. Hasil pengembangan bahan ajar Fisika Dasar untuk calon guru Biologi terdiri atas buku ajar Fisika Dasar dalam versi tercetak dan buku elektronik (e-book), dan animasi fisika hasil unduh dari berbagai website.. Kekhasan buku ajar ini berisi contoh-contoh aplikasi prinsip fisika dalam konteks biologi, kegiatan mahasiswa (berupa laboratorium mini), dan menggunakan matematika sederhana. Teks buku ajar dianalisis tingkat keterbacaannya melalui uji rumpang sebesar 62% (tinggi), dan analisis kesesuaian teks dengan tingkat usia pembaca menggunakan formula SMOG (Simplified Measure of Gobbledygook) menunjukkan teks sesuai bagi mahasiswa tingkat pertama (usia di atas 18 tahun). Buku ajar juga dikembangkan berdasarkan analisis wacana melalui representasi struktur makro/mikro materi-subjek agar memenuhi kriteria mudah diajarkan (teachable). Penggunaan bahan ajar Fisika Dasar untuk calon guru biologi dalam perkuliahan Fisika Dasar dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika dengan N-gain = 0,49 (sedang). Direkomendasikan penelitian lanjutan tentang penggunaan buku elektronik (e-book) Fisika Dasar. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a QH301 Biology 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/8238/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/8238/  |z Get Online