Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial Pada Siswa Kelas IV SDN Jatisari 02 Jember

IPS merupakan mata pelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa agar peka terhadap masalah-masalah sosial. Pada kenyataannya, kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Jatisari 02 Jember dalam mengenali dan menyelesaikan permasalahan sosial belum maksimal. Hal ters...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Romadhoni, Ika Lailatul (Author)
Other Authors: Rahayu (Contributor), Zahroul F., Chumi (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2015-11-30T06:26:51Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04259 am a22002053u 4500
001 repository_unej_123456789_65087
042 |a dc 
100 1 0 |a Romadhoni, Ika Lailatul  |e author 
100 1 0 |a Rahayu  |e contributor 
100 1 0 |a Zahroul F., Chumi  |e contributor 
245 0 0 |a Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial Pada Siswa Kelas IV SDN Jatisari 02 Jember 
260 |c 2015-11-30T06:26:51Z. 
500 |a 110210204004 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65087 
520 |a IPS merupakan mata pelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa agar peka terhadap masalah-masalah sosial. Pada kenyataannya, kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Jatisari 02 Jember dalam mengenali dan menyelesaikan permasalahan sosial belum maksimal. Hal tersebut disebabkan karena siswa belum dibiasakan untuk berpikir kritis selama pembelajaran. Guru juga kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan soal-soal yang diberikan kepada siswa juga masih mencakup C1 dan C2 saja. Salah satu model pembelajaran yang sesuai untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di SDN Jatisari 02 Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di SDN Jatisari 02 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jatisari 02 Jember dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan penelitian model skema Hopkins yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini x adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Pembelajaran IPS melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada pokok bahasan masalah sosial di kelas IV SDN Jatisari 02 Jember terlaksana sesuai dengan rencana yang telah dirancang. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa selama pembelajaran IPS melalui penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil tes berpikir kritis, kemampuan berpikir kritis siswa siklus I sebesar 75,67% meningkat menjadi 85,29% pada siklus II. Artinya kemampuan berpikir kritis siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 9,62%. Berdasarkan hasil observasi kemampuan berpikir kritis siswa secara klasikal pada pra siklus adalah 54,56%, meningkat menjadi 68,82% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 82,79% pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal sebelum pelaksanaan siklus sebesar 61,76 meningkat menjadi 77,17 pada siklus I. Rata-rata hasil belajar tersebut semakin meningkat lagi menjadi 84,94 pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Jatisari 02 Jember. Saran dalam penelitian ini yaitu hendaknya pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas agar kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa semakin meningkat. 
546 |a id 
690 |a Model Pembelajaran 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65087 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65087  |z Get Fulltext