Pengaruh Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Peristiwa Alam

Terdapat beberapa guru yang terkontaminasi oleh sistem mengajar monolog, yaitu siswa lebih difokuskan pada pemberian kata-kata tanpa memberikan pengalaman langsung terhadap aktivitas seluruh indera. Jika tidak diatasi akan mengakibatkan pengetahuan siswa hanya terpaku pada informasi yang diucapkan g...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: herawati, hani (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-02-14.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/22962/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Terdapat beberapa guru yang terkontaminasi oleh sistem mengajar monolog, yaitu siswa lebih difokuskan pada pemberian kata-kata tanpa memberikan pengalaman langsung terhadap aktivitas seluruh indera. Jika tidak diatasi akan mengakibatkan pengetahuan siswa hanya terpaku pada informasi yang diucapkan guru, terbukti khususnya pada materi sains perolehan nilai belajar masih jauh dari yang diharapkan. Melihat kondisi seperti ini, guru harus berusaha menjembatani pemikiran konkrit siswa menuju pada kemampuan berfikir abstrak dengan menciptakan proses mengajar yang lebih kreatif dan bervariasi sehingga belajar menjadi mudah dan menyenangkan yaitu dengan mengimplementasikan Quantum Learning. Atas dasar itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh quantum learning terhadap perolehan hasil belajar siswa. Penelitian berlokasi di SDN Drangong 1 dengan menggunakan sampel 60 siswa tanpa acak karena menggunakan desain quasi eksperimen bentuk nonequivalent control group design yang terdiri atas dua kelas yaitu VB sebagai kelas eksperimen dan VA sebagai kelas kontrol. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan menggunakan instrumen tes dan interview terpimpin. Hasill analisis data tes, perolehan nilai di kelas quantum learning mengalami kenaikan nilai dari 35,05 ke 80,67. Sedangkan rerata N-gain sebesar 0,7213 termasuk pada klasifikasi tinggi. Pada kelas tradisional mengalami kenaikan nilai rerata dari 32,48 ke 70,77. Sedangkan rerata N-gain sebesar 0,5876 termasuk pada klasifikasi sedang. Meskipun kedua kelas mengalami kenaikan perolehan nilai tetapi kelas quantum learning lebih unggul daripada kelas tradisional. Secara keseluruhan, ada pengaruh yang positif dan baik quantum learning terhadap kemampuan pencapaian nilai yang lebih hebat.
Item Description:http://repository.upi.edu/22962/1/S_KDSERANG_IPA_1203415_TITLE.pdf
http://repository.upi.edu/22962/2/S_KDSERANG_IPA_1203415_ABSTRACT.pdf
http://repository.upi.edu/22962/3/S_KDSERANG_IPA_1203415_TABLE_OF_CONTENT.pdf
http://repository.upi.edu/22962/4/S_KDSERANG_IPA_1203415_CHAPTER1.pdf
http://repository.upi.edu/22962/5/S_KDSERANG_IPA_1203415_CHAPTER2.pdf
http://repository.upi.edu/22962/6/S_KDSERANG_IPA_1203415_CHAPTER3.pdf
http://repository.upi.edu/22962/7/S_KDSERANG_IPA_1203415_CHAPTER4.pdf
http://repository.upi.edu/22962/8/S_KDSERANG_IPA_1203415_CHAPTER5.pdf
http://repository.upi.edu/22962/9/S_KDSERANG_IPA_1203415_BIBLIOGRAPHY.pdf
http://repository.upi.edu/22962/10/S_KDSERANG_IPA_1203415_APPENDIX.pdf