EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO DALAM DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA: Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMPN 3 Bandung

Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan, kemandirian belajar siswa di tingkat SMP masih kurang karena pembelajaran yang masih berpusat kepada Guru sehingga hasil belajarnya pun kurang memuaskan. Oleh karena itu diperlukan suatu media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemandirian belaja...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Amir, Dede Faizal (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/24329/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04035 am a22003133u 4500
001 repoupi_24329
042 |a dc 
100 1 0 |a Amir, Dede Faizal  |e author 
245 0 0 |a EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO DALAM DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA: Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMPN 3 Bandung 
260 |c 2016-06-23. 
500 |a http://repository.upi.edu/24329/1/S_KTP_1105694_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24329/2/S_KTP_1105694_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24329/3/S_KTP_1105694_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24329/4/S_KTP_1105694_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24329/5/S_KTP_1105694_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24329/6/S_KTP_1105694_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24329/7/S_KTP_1105694_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24329/8/S_KTP_1105694_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24329/9/S_KTP_1105694_Blibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24329/10/S_KTP_1105694_Appendix.pdf 
520 |a Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan, kemandirian belajar siswa di tingkat SMP masih kurang karena pembelajaran yang masih berpusat kepada Guru sehingga hasil belajarnya pun kurang memuaskan. Oleh karena itu diperlukan suatu media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran E-learning berbasis edmodo efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran TIK, baik pada aspek insiatif, tanggung jawab dan percaya diri. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup. Teknik penyampelan dalam penelitian ini menggunakan Cluster Sampling (sampling kelompok). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran E-learning berbasis Edmodo efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VII di SMPN 3 Bandung dalam aspek inisiatif, tanggung jawab dan percaya diri. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan skor kemandirian belajar pada kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan, dimana pada aspek inisiatif mengalami peningkatan 8%, aspek tanggung jawab mengalami peningkatan 5%, dan aspek percaya diri mengalami peningkatan 3%.; Based on preliminary study has been done by independent student in the middle school level is still lees because of learning that is still based to the teacher so that less satisfying. Therefore we need a medium of learning that can increase the independence of student learning. The study aims to know "Is Edmodo-based E-learning effective in improving the independence of students learning on subject Information and Communication Technology". All alright of initiative, responsibility and confidence. The study used quasi-experimental method with Nonequivalent Control Group Design. The sample was taken using cluster sampling and instrument used is closed questionnaire. The results of this study showed that learning Edmodo-based E-learning is effective in improving student learning independence on the subject of Information and Communication Technology of 7th grade students at SMPN 3 Bandung in the aspect of initiative, responsibility and confidence. This was shown by an increase in the student independence in the experiment class after given treatment, of which the aspect of initiative in increased by 8%, the aspect of responsibility in increased by 5%, and the aspect of confindece in increased by 3%. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/24329/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/24329/