PENGARUH KOMPETENSI GURU MELALUI IKLIM KELAS DAN SELF REGULATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS SMPN DI TANGERANG SELATAN

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa. Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri di Kota Tangerang Selatan. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling dengan ukuran sampel sebany...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hapsari, Sri (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-09-01.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/25515/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05511 am a22003013u 4500
001 repoupi_25515
042 |a dc 
100 1 0 |a Hapsari, Sri  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH KOMPETENSI GURU MELALUI IKLIM KELAS DAN SELF REGULATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS SMPN DI TANGERANG SELATAN 
260 |c 2016-09-01. 
500 |a http://repository.upi.edu/25515/1/D_IPS_1302567_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25515/2/D_IPS_1302567_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25515/3/D_IPS_1302567_Table_of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25515/4/D_IPS_1302567_Chapter%201.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25515/5/D_IPS_1302567_Chapter%202.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25515/6/D_IPS_1302567_Chapter%203.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25515/7/D_IPS_1302567_Chapter%204.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25515/8/D_IPS_1302567_Chapter%205.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25515/9/D_IPS_1302567_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25515/10/D_IPS_1302567_Appendix.pdf 
520 |a Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa. Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri di Kota Tangerang Selatan. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling dengan ukuran sampel sebanyak 401 siswa dan metode yang digunakan adalah metode kuantitatif strategi survey. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan tes berpikir kritis dan berpikir kreatif, sedangkan analisis data menggunakan Structual Equation Modelling (SEM). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) Kompetensi guru yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, dan kompetensi kepribadian sebagai faktor yang mempengaruhi secara langsung iklim kelas dan mempengaruhi secara tidak langsung kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa. Kompetensi profesional memiliki pengaruh paling besar terhadap iklim kelas, diikuti kompetensi pedagogik dan terakhir kompetensi kepribadian; (2) Kompetensi guru yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, dan kompetensi kepribadian sebagai faktor yang mempengaruhi secara langsung self regulation dan mempengaruhi secara tidak langsung kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa. Kompetensi profesional memiliki pengaruh paling besar terhadap self regulation, diikuti kompetensi pedagogik dan terakhir kompetensi kepribadian; (3) Berpikir kritis dipengaruhi secara positif oleh iklim kelas dan self regulation. Dengan demikian, semakin positif iklim kelas maka semakin tinggi kemampuan berpikir kritis siswa yang berdampak pada semakin terasahnya kemampuan siswa dalam berpikir reflektif. Variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap berpikir kritis adalah iklim kelas. (4) Berpikir kreatif dipengaruhi secara positif oleh iklim kelas dan self regulation. Variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap berpikir kreatif adalah self regulation. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi self regulation maka semakin tinggi kemampuan siswa dalam berpikir kreatif yang berdampak pada peningkatan kreativitas siswa.;--- The purpose of this research is to find the factors influencing students' critical and creative thinking skills. The population consisted of students of state junior high schools in South Tangerang City. Sample was taken with proportional random sampling technique with a size of 401 students, and the method employed was quantitative with survey strategy. Data were collected through questionnaire and critical and creative thinking skill test, while the analysis used the Structural Equation Modeling (SEM). Based on results of data analysis, it was found that: (1) Teacher competencies, covering pedagogical competency, professional competency, and personal competency, were the factors directly influencing classroom climate and indirectly influencing students' critical and creative thinking skills. Professional competency had the greatest influence on classroom climate, followed by pedagogical competency and personal competency; (2) Teacher competencies encompassing pedagogical, professional, and personal competencies, were the factors directly influencing self-regulation and indirectly influencing students' critical and creative thinking skills. Professional competency had the greatest influence, followed by pedagogical competency and finally personal competency; (3) Critical thinking was positively influenced by classroom climate and self-regulation. Hence, the more positive the classroom climate is, the higher students' critical thinking skills will be, which will impact on the increasingly honed students' reflective thinking skills. The variable with the greatest influence on critical thinking was classroom climate; (4) Creative thinking was positively influenced by classroom climate and self-regulation, with self-regulation as the variable with the greatest influence on creative thinking. It can be concluded that the higher the self-regulation is, the higher students' creative thinking will be, which will impact on students' increased creativity. 
546 |a en 
690 |a H Social Sciences (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/25515/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/25515/