PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING STOPPING DALAM PERMAINAN

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya partisipasi siswa pada saat proses pembelajaran dan kurangnya hasil belajar siswa dalam memecahkan masalah pada pembelajaran sepakbola. Hal ini juga didukung oleh minimnya variasi model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk membadi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Setiawan, Rudi (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-11-02.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/275/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04420 am a22003253u 4500
001 repoupi_27500
042 |a dc 
100 1 0 |a Setiawan, Rudi  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING STOPPING DALAM PERMAINAN 
260 |c 2016-11-02. 
500 |a http://repository.upi.edu/27500/1/S_JKR_1006711_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27500/2/S_JKR_1006711_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27500/3/S_JKR_1006711_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27500/4/S_JKR_1006711_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27500/5/S_JKR_1006711_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27500/7/S_JKR_1006711_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27500/6/S_JKR_1006711_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27500/8/S_JKR_1006711_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27500/9/S_JKR_1006711_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27500/10/S_JKR_1006711_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27500/11/S_JKR_1006711_Appendix2.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya partisipasi siswa pada saat proses pembelajaran dan kurangnya hasil belajar siswa dalam memecahkan masalah pada pembelajaran sepakbola. Hal ini juga didukung oleh minimnya variasi model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk membadingkan pengaruh model pembelajaran langsung dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar passing stopping permainan sepakbola. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-post test control group. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Pasundan 4 Bandung. Sampel pada penelitian ini adalah 60 siswa kelas VIII SMP Pasundan 4 Bandung. Hasil belajar diukur dengan menggunakan instrumen tes keterampilan passing stopping dan lembar observasi tes bermain passing stopping. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan pengaruh yang signifikan dibandingkan model pembelajaran langsung terhadap peningkatan hasil belajar passing stopping dalam permainan sepakbola. Hasil ini didukung oleh tingginya nilai gain dan hasil postest siswa kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol. Selisih gain nilai siswa yang diukur menggunakan tes adalah 10,06 dengan nilai postest 19,50 pada kelompok eksperimen dan 16,97 pada kelompok kontrol. Selisih gain nilai siswa yang diukur menggunakan lembar observasi adalah 0,70 dengan nilai postest 6,53 pada kelompok eksperimen dan 5,70 pada kelompok kontrol. ;---This research background was motivated by the lack of students' participation in learning process and the minor result of students in problem solving of soccer game learning. This problem was supported by less of variety learning model. This research was aimed to test the influence of cooperative learning model student team achievement division (STAD) type and direct learning model to the result of passing stopping learning in soccer. This research used experimental method with preetest-posttest control group design, which population was 8th students of SMP Pasundan 4 Bandung, and 60 students are selected to be the sample. The result of learning is measured by using passing stopping skill test instrument and observation test sheet of passing stopping. The result of research showed that cooperative learning model student team achievement division (STAD) type more significantly influenced to the increasing of of passing stopping in soccer than direct learning model. This result was supported by the high value of the gain and posttest scores of experimental group. The average posttest scores measured using test was 19.50 in experimental group and 16.97 in the control group, and the difference value of gain was 10.06. The average posttest scores measured using observation sheet was 6.53 in experimental group and 5.70 in the control group, and the difference value of gain was 0.70. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/27500/ 
787 0 |n http://www.repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/275/