PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian Eksperimen terhadap Siswa Kelas V di SDN Gunungsari 1 dan SDN Ranjikulon 1, Kecamatan Kasokandel, Kabupaten Majalengka)
Kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa yang rendah menjadi latar belakang dilakukan penelitian. Pendekatan open-ended menjadi salahsatu alternatif pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matemat...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Academic Paper |
Published: |
2017-09-04.
|
Subjects: | |
Online Access: | http://repository.upi.edu/282/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
LEADER | 03068 am a22002653u 4500 | ||
---|---|---|---|
001 | repoupi_28020 | ||
042 | |a dc | ||
100 | 1 | 0 | |a Husniah, Giny Nuraeni |e author |
245 | 0 | 0 | |a PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian Eksperimen terhadap Siswa Kelas V di SDN Gunungsari 1 dan SDN Ranjikulon 1, Kecamatan Kasokandel, Kabupaten Majalengka) |
260 | |c 2017-09-04. | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/28020/1/s_pgsd_kls_1300118_bibliography.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/28020/2/s_pgsd_kls_1300118_chapter1.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/28020/3/s_pgsd_kls_1300118_chapter2.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/28020/4/s_pgsd_kls_1300118_chapter3.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/28020/5/s_pgsd_kls_1300118_chapter4.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/28020/6/s_pgsd_kls_1300118_chapter5.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/28020/7/s_pgsd_kls_1300118_table_of_content.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/28020/8/s_pgsd_kls_1300118_appendix.pdf | ||
520 | |a Kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa yang rendah menjadi latar belakang dilakukan penelitian. Pendekatan open-ended menjadi salahsatu alternatif pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain kelompok prates-pascates. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas V SDN Gunungsari I sebagai kelas eksperimen dan Kelas Vb SDN Ranjikulon I sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi 0,05 yaitu: (1) pendekatan open-ended berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar; (2) pembelajaran matematika yang menggunakan pendekatan open-ended lebih baik daripada pendekatan konvensional dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis, tapi sebaliknya pembelajaran yang menggunakan pendekatan open-ended tidak lebih baik daripada pendekatan konvensional dalam meningkatkan motivasi belajar siswa; (3) ada hubungan positif antara kemampuan memecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa; dan (4) faktor pendukung pembelajaran yang menggunakan pendekatan open-ended adalah kemampuan guru dalam menyajikan masalah terbuka, LKS yang digunakan menyajikan masalah terbuka dapat melibatkan semua tahapan pendekatan open-ended, tahapan pembelajaran yang menggunakan pendekatan open-ended memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri, kinerja guru dan aktivitas belajar siswa dilakukan dengan optimal. Sementara faktor penghambatnya adalah siswa tidak terbiasa memecahkan masalah terbuka. Kata Kunci: Pendekatan Open-Ended, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Motivasi Belajar Siswa. | ||
546 | |a en | ||
690 | |a L Education (General) | ||
655 | 7 | |a Thesis |2 local | |
655 | 7 | |a NonPeerReviewed |2 local | |
787 | 0 | |n http://repository.upi.edu/28020/ | |
856 | 4 | 1 | |u http://repository.upi.edu/282/ |