MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING : Penelitian Tindakan Kelas pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis Siswa Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran 2 SMKN 11 Bandung

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui penerapan model pembelajaran problem-based learning dengan penelitian tindakan kelas sebanyak tiga siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan siklus...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Lau, Karuna (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-07-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3643/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui penerapan model pembelajaran problem-based learning dengan penelitian tindakan kelas sebanyak tiga siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan siklus Kemmis dan Taggart. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam kelas yang berisi 31 orang siswa. Kelompok diobservasi dahulu dengan populasi target yaitu seluruh siswa X Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) SMK Negeri 11 Bandung jurusan Pemasaran yang mendapatkan mata pelajaran komunikasi bisnis, sedangkan populasi terjangkaunya dua kelas, siswa kelas X BDP sebanyak 71 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa metode dokumentasi, angket dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa peningkatan aktivitas yang menunjukkan kemampuan berpikir kritis meningkat sebanyak 153,85% dan keterlibatan siswa meningkat dari 42,3% menjadi 60%. ------ This research aims to comprehend the increase in critical thinking capability through the implementation of problem-based learning model in 3 cycles of classroom action research. Method used in this research is the classroom action research with Kemmis and Taggart cycle. This research is done in a class of 31 students. Data is collected by field notes and video documentation with the aid of an observer and a partner teacher. The results of this study found that the implementation of problem-based learning model increase the total classroom activities up to 153,85% and student's involvement from 42,3% to 60%.
Item Description:http://repository.upi.edu/36403/10/S_MBS_1400186_Title.pdf
http://repository.upi.edu/36403/5/S_MBS_1400186_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/36403/2/S_MBS_1400186_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/36403/3/S_MBS_1400186_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/36403/8/S_MBS_1400186_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/36403/6/S_MBS_1400186_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/36403/9/S_MBS_1400186_Appendix.pdf