TEKS EDITORIAL HASIL KARYA SISWA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA KELAS XII DI SMAN 12 BANDUNG : Kajian Deskripsi Kualitatif terhadap Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan dalam Kegiatan Pembelajaran Berbasis Genre

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan sudut pandang para ahli yang menyebabkan pemahaman berbeda mengenai fungsi, struktur, dan kaidah kebahasaan teks editorial, selain itu disebabkan oleh kelangkaan bahan ajar teks editorial untuk jenjang SMA kelas XII, dan kelangkaan literatur teks editor...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Alya Fauzia Khansa, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-07-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/36482/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan sudut pandang para ahli yang menyebabkan pemahaman berbeda mengenai fungsi, struktur, dan kaidah kebahasaan teks editorial, selain itu disebabkan oleh kelangkaan bahan ajar teks editorial untuk jenjang SMA kelas XII, dan kelangkaan literatur teks editorial, hal tersebut mengakibatkan peserta didik kesulitan, khususnya dalam pembuatan teks editorial yang sesuai dengan fungsi, stuktur, dan kaidah kebahasaan yang benar. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian terkait teks editorial di SMAN 12 Bandungyang ditinjau dari segi karakteristik yaitu fungsi, struktur, dan kaidah kebahasaan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) fungsi teks editorial hasil karya siswa sebagai bahan ajar kelas XII di SMAN 12 Bandung; 2) struktur teks editorialhasil karya siswa sebagai bahan ajar kelas XII di SMAN 12 Bandung; 3) kaidah kebahasaan teks editorial hasil karya siswa sebagai bahan ajar kelas XII di SMAN 12 Bandung; dan 4) pengembangan bahan ajar teks editorialhasil karya siswa kelas XII di SMAN 12 Bandung pada kegiatan pembelajaran berbasis genre.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) teori dasar teks editorial yang dikemukakan oleh Kosasih, Emilia, Sumadiria, Siregar & Suarjana, Pinkerton (dalam Rivers)dan 2) teori dasar bahan ajar yang dikemukakan olehSungkono, Majid, dan Prastowo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa teks editorial yang dikarang oleh peserta didik kelas XII IPS 2 di SMAN 12 Bandung. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, kajian isi, dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) fungsi yang ditemukan dalam teks editorial karangan peserta didik yaitu fungsi meyakinkan, memengaruhi, memberi tahu, dan mengajak; 2) struktur yang terdapat dalam teks editorial karangan peserta didik adalah pengenalan isu, argumen-argumen, dan penutup; 3) kaidah kebahasaan yang terdapat dalam teks editorial karangan peserta didik adalah ungkapan retoris, kata populer, kata ganti tunjuk, dan konjungsi kausalitas; dan 4) hasil kajian fungsi, struktur, dan kaidah kebahasaan teks editorial pada karangan peserta didik dikembangkan menjadi bahan ajar berupa handout yang berisi tentang pembangunan konteks, pemodelan, konsep, prinsip, dan prosedur.;--This research is motivated by different people, function, structure, and rule of language of editorial text, besides that caused by scarcity of teaching material of editorial text for high school class XII, and scarcity of editorial text, it entering students difficulties, especially in making editorial text appropriate to the correct function, structure, and linguistic rules. Therefore, the researcher conducts research related to editorial text in SMAN 12 Bandung which in terms of content, function, structure, and linguistic rules. This study aims to describe: 1) the function of editorial text of students' work as teaching materials of class XII in SMAN 12 Bandung; 2) the structure of editorial text of students' work as teaching materials of class XII in SMAN 12 Bandung; 3) rule of language editorial text of the work of students as teaching materials of class XII in SMAN 12 Bandung; and 4) the development of instructional materials of editorial text of the work of class XII students at SMAN 12 Bandung on learning activities based on genre. Theories used in this study are: 1) basic theory of editorial text proposed by Kosasih, Emilia, Sumadiria, Siregar&Suarjana, Pinkerton (in Rivers) and 2) basic theory of teaching materials proposed by Sungkono, Majid, and Prastowo. The method used in this research is descriptive method with a qualitative approach. The data in this study is an editorial text composed by students of class XII IPS 2 in SMAN 12 Bandung. Data collection techniques such as interviews, content studies, and questionnaires. The results of this study indicate that: 1) the functions found in the editorial text of the learner that is the function of convincing, influencing, informing, and inviting; 2) the structure contained in the editorial text of the learner's essay is the introduction of issues, arguments, and closings; 3) linguistic rules contained in editorial texts by learners are rhetorical phrases, popular words, pronouns, and conjunctions of causality; and 4) the result of the study of the function, structure, and rules of language of the editorial text on the essay of the learner is developed into instructional materials in the form of handouts that contain the development of context, modeling, concept, principle, and procedure.
Item Description:http://repository.upi.edu/36482/1/S_IND_1403750_Title.pdf
http://repository.upi.edu/36482/2/S_IND_1403750_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/36482/3/S_IND_1403750_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/36482/4/S_IND_1403750_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/36482/5/S_IND_1403750_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/36482/6/S_IND_1403750_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/36482/7/S_IND_1403750_Chapter4.docx
http://repository.upi.edu/36482/8/S_IND_1403750_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/36482/9/S_IND_1403750_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/36482/10/S_IND_1403750_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/36482/11/S_IND_1403750_Appendix.pdf