PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED BERBASIS METAKOGNITIF

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai peningkatan kemampuan pemahaman dan berpikir kreatif matematis, dengan menggunakan open-ended ¬¬berbasis metakognitif, open-ended, dan pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretes post...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nunuy Nurkaeti, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-07-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/36752/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03508 am a22003013u 4500
001 repoupi_36752
042 |a dc 
100 1 0 |a Nunuy Nurkaeti, -  |e author 
245 0 0 |a PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED BERBASIS METAKOGNITIF 
260 |c 2018-07-24. 
500 |a http://repository.upi.edu/36752/1/T_PD_1603290_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36752/2/T_PD_1603290_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36752/3/T_PD_1603290_Table_of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36752/4/T_PD_1603290_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36752/5/T_PD_1603290_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36752/6/T_PD_1603290_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36752/7/T_PD_1603290_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36752/8/T_PD_1603290_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36752/9/T_PD_1603290_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36752/10/T_PD_1603290_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai peningkatan kemampuan pemahaman dan berpikir kreatif matematis, dengan menggunakan open-ended ¬¬berbasis metakognitif, open-ended, dan pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretes postes. Sampel penelitian ini adalah siswa sekolah dasar di Kecamatan Majalengka sebanyak 64 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan pemahaman dan berpikir kreatif matematis siswa yang lebih baik dengan belajar menggunakan open-ended berbasis metakognitif daripada siswa yang belajar dengan open-ended dan pembelajaran langsung. Peningkatan yang terjadi dikarenakan, dalam pembelajaran open-ended berbasis metakognitif siswa didorong menyelesaikan masalah dan berpikir secara lebih dalam mengenai alasan di setiap langkah penyelesaian yang diambilnya melalui strategi metakognitif yang digunakan. Oleh karena itu, siswa dapat menemukan beragam jawaban yang tepat dan mengevaluasi penyelesaian masalah yang digunakan, sehingga mereka mengetahui apa yang sudah diketahui dan mengetahui apa yang belum diketahui.;-- This study aims to get description about enhancing mathematical understanding and creative thinking abilities through open-ended approach based on metacognitive, open-ended, and direct instruction. The method of this study is quasi experiment with pretest posttest design. The subjects of this study were elementary school student in Majalengka subdistrict as much 64 students. The result shows enhancement mathematical understanding and creative thinking ability students that learning with open-ended based on metacognitive better than student that learning with open-ended and direct instruction. It is because of in open-ended learning based on metacognitive encourage students to solve the problems and to think deeply about their reasons in every solution that their used, through using metacognitive strategies. Therefore, the students could find the right various solutions and evaluate their solving problem, so that the student could knowing that already their know and knowing that not yet their know. 
546 |a en 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/36752/ 
787 0 |n http://www.repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/36752/