PEMBELAJARAN SHARING DAN JUMPING TASK PADA MATERI ASAM-BASA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORATIF SISWA

Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan pembelajaran sharing dan jumping task pada materi asam-basa untuk mengidentifikasi keterampilan kolaboratif siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 4 pada salah satu sekolah m...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Novi Daniyanti, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-20.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/38787/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04999 am a22002773u 4500
001 repoupi_38787
042 |a dc 
100 1 0 |a Novi Daniyanti, -  |e author 
245 0 0 |a PEMBELAJARAN SHARING DAN JUMPING TASK PADA MATERI ASAM-BASA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORATIF SISWA 
260 |c 2019-08-20. 
500 |a http://repository.upi.edu/38787/1/T_KIM_1706572_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38787/2/T_KIM_1706572_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38787/3/T_KIM_1706572_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38787/4/T_KIM_1706572_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38787/5/T_KIM_1706572_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38787/6/T_KIM_1706572_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38787/7/T_KIM_1706572_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan pembelajaran sharing dan jumping task pada materi asam-basa untuk mengidentifikasi keterampilan kolaboratif siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 4 pada salah satu sekolah menengah atas (SMA) swasta di kota Bandung. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara; lembar observasi pembelajaran; Lembar Kerja Siswa (LKS); lembar observasi ketujuh indikator keterampilan kolaboratif; dan rekaman transkip pembelajaran yang seluruhnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) desain pembelajaran disusun dalam bentuk chapter design yang berisi meteri esensi yaitu perkembangan teori asam basa Arrhenius dan Bronsted-Lowry, dan lesson design terdiri dari tiga kegiatan yaitu kegiatan awal mengenai ciri-ciri asam basa menurut sifat fisiknya, kegiatan inti (sharing task) materi pratikum identifikasi asam-basa serta teori asam basa Arrhenius dan Bronsted-Lowry, dan kegiatan akhir (jumping task) materi obat maag sebagai salah satu aplikasi dari materi asam-basa dalam kehidupan sehari-hari; 2) hasil implementasi pembelajaran didapat bahwa proses pembelajaran sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran, namun masih ditemukan sebagian siswa yang mengalami kesulitan dalam mencapai tujuan pembelajaran pada tahap sharing task kedua yaitu menentukan pasangan asam-basa konjugasi Bronsted-Lowry dan pada pembelajaran sharing dan jumping task teridentifikasi ketujuh indikator keterampilan kolaboratif, serta tercapainya target jumping siswa dari tingkat aktual ke tingkat potensial dengan bantuan teman sebaya dan guru; dan 3) revisi desain pembelajaran dilakukan pada bagian sharing task kedua yaitu revisi jenis task dan bantuan yang diberikan oleh guru. Pembelajaran sharing dan jumping task dapat memfasilitasi siswa untuk mengembangkan keterampilan kolaboratif. Kata Kunci: pembelajaran sharing dan jumping task, asam basa, keterampilan kolaboratif siswa This study aims to conduct sharing and task jumping learning on acid-base materials to identify students' collaborative skills. The method used is descriptive qualitative. The study involved students of class XI MIPA 4 in one of the private high schools in Bandung as the research subject. The instruments used were a teacher interview guidelines; learning observation; worksheets; the observation sheet of the seven indicators of collaborative skills; and recording of transcripts of learning which were all analyzed in descriptive qualitative. The results showed: 1) Learning designs are arranged in the form of chapter designs that contain the essence of the material, namely the development of the Arrhenius and Bronsted-Lowry acid-base theory, and lesson design consisted of the first sharing task, for Arrhenius acid-base theory material, the second sharing task, for the Bronsted-Lowry acid-base theory material, and the jumping task for ulcer medicine as an application of acid-base material in everyday life; 2) The results of learning implementation found that the learning process was in accordance with the learning objectives. However, there were some students who have difficulty in achieving the learning objectives at the second sharing task stage which was about determining Bronsted-Lowry conjugate acid-base pairs, on sharing and jumping tasks learning identified the seven indicators of collaborative skills, and the achievement of student jumping targets from the actual level to the potential level with the help of peers and teachers; 3) the revision of the learning design is done in the second sharing task, namely the revision of the type of task and assistance provided by the teacher. Sharing and jumping task learning can facilitate students to develop collaborative skills. Keywords: Sharing and jumping task, collaborative skills, acid-base 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a QD Chemistry 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/38787/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/38787/