PENGARUH PEMBELAJARAN INQUIRY LAB TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS TERINTEGRASI SISWA SMA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

Capaian dalam keterampilan proses sains (KPS) terintegrasi siswa di Indonesia masih rendah, karena model pembelajaran yang dilakukan guru-guru di lapangan belum menggali KPS secara utuh. Model pembelajaran Inqury lab dapat mengarahkan siswa untuk memiliki keterampilan proses sains seara utuh (terint...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Tri Indah Ramadita, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-07-05.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3921/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04812 am a22003133u 4500
001 repoupi_39201
042 |a dc 
100 1 0 |a Tri Indah Ramadita, -  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH PEMBELAJARAN INQUIRY LAB TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS TERINTEGRASI SISWA SMA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN 
260 |c 2018-07-05. 
500 |a http://repository.upi.edu/39201/1/S_BIO_1400049_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39201/2/S_BIO_1400049_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39201/3/S_BIO_1400049_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39201/4/S_BIO_1400049_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39201/5/S_BIO_1400049_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39201/6/S_BIO_1400049_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39201/7/S_BIO_1400049_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39201/8/S_BIO_1400049_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39201/9/S_BIO_1400049_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39201/10/S_BIO_1400049_Appendix.pdf 
520 |a Capaian dalam keterampilan proses sains (KPS) terintegrasi siswa di Indonesia masih rendah, karena model pembelajaran yang dilakukan guru-guru di lapangan belum menggali KPS secara utuh. Model pembelajaran Inqury lab dapat mengarahkan siswa untuk memiliki keterampilan proses sains seara utuh (terintegrasi). Salah satu materi Biologi yang tepat untuk model pembelajaran ini adalah perubahan lingkungan. Perubahan lingkungan sub tema global warming merupakan isu yang sedang berkembang pada saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh model pembelajaran Inquiry Lab terhadap keterampilan proses sains terintegrasi siswa pada materi perubahan lingkungan. Populasi yang diambil adalah keterampilan proses sains terintegrasi siswa SMA kelas X dengan sampel dua kelas dengan satu kelas dijadikan kelas kontrol dan satu kelas lainnya dijadikan kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental serta desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen tes berbentuk soal uraian dengan 10 butir soal yang telah dijudgment oleh para ahli dan telah di- validasi. Berdasarkan uji beda yang hasilnya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil keterampilan proses sains terintegrasi siswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis inquiry lab terhadap keterampilan proses sains terintegrasi siswa pada materi perubahan lingkungan. Rekomendasi terhadap penelitian ini yaitu materi yang dikaji tidak sebatas perubahan lingkungan saja, peneliti dapat mengembangkan pembelajaran inquiry lab pada materi praktikum yang lainnya. Kata kunci: Pembelajaran Inqury Lab, Keterampilan Proses Sains Terintegrasi, Perubahan Lingkungan Sub Tema Global Warming Achievement on integrated science process skills of students in Indonesia is still low, because the learning model by teachers in school has not explored the skills of the science process as a whole. One of the Biological subjects that is appropriate for this learning model is environmental change. Changing environment sub theme global warming is an emerging issue at the moment. This study aims to invstigate the effect of Inquiry Lab learning model on students' integrated science process skills on environmental change subjects. Population taken is integrated science process skill of high school student of class X. Sample taken as many as two class where one class become control class and one another class become experiment class. The method used in this research is Quasi Experimental and research design used is Pretest-Posttest Control Group Design. The test instrument is in the form of essay questions with 10 items that have been judged by experts and validated. Based on different test, the result there is a significant difference between the result of the integrated student's science process skill in the experimental class and the control class. Then it can be stated that there is an influence of inquiry lab learning on students' integrated science process skills on environmental change subjects. The recommendation of this research is that the subject studied is not limited to environmental changes only, the researcher can develop the learning of inquiry lab on other practicum subject. Keywords : Inquiry Lab Learning, Integrated Science Process Skills, Environmental Change Sub Theme Global Warming 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a Q Science (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/39201/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3921/