PENGGUNAAN ASESMEN KINERJA BERBASIS EDMODO UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ABAD KE-21 SISWA PADA MATERI SISTEM RESPIRASI

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan kreativitas siswa pada sistem respirasi setelah digunakan asesmen kinerja berbasis Edmodo. Kreativitas abad ke-21 yang diukur dalam penelitian ini mencakup empat indikator yaitu menciptakan ide, mengembangkan dan mengevaluasi ide, menerima masuka...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Bagustian Bayu Irianto, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3977/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04929 am a22002773u 4500
001 repoupi_39770
042 |a dc 
100 1 0 |a Bagustian Bayu Irianto, -  |e author 
245 0 0 |a PENGGUNAAN ASESMEN KINERJA BERBASIS EDMODO UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ABAD KE-21 SISWA PADA MATERI SISTEM RESPIRASI 
260 |c 2019-08-27. 
500 |a http://repository.upi.edu/39770/1/S_BIO_1507493_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39770/2/S_BIO_1507493_Chapter%201.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39770/3/S_BIO_1507493_Chapter%202.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39770/4/S_BIO_1507493_Chapter%203.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39770/5/S_BIO_1507493_Chapter%204.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39770/6/S_BIO_1507493_Chapter%205.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39770/7/S_BIO_1507493_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan kreativitas siswa pada sistem respirasi setelah digunakan asesmen kinerja berbasis Edmodo. Kreativitas abad ke-21 yang diukur dalam penelitian ini mencakup empat indikator yaitu menciptakan ide, mengembangkan dan mengevaluasi ide, menerima masukan kelompok, dan bertindak dengan ide-ide kreatif. Dalam penelitian ini digunakan desain one group pre-test post-test. Instrumen yang digunakan terdiri dari soal pre-test dan post-test penguasaan konsep mengenai Sistem Respirasi, tiga buah task yang berisikan pertanyaan uraian terkait masalah/gangguan pada Sistem Respirasi manusia, serta kuesioner respon siswa. Pada awal penelitian partisipan diberikan pre-test, dan pengenalan Edmodo secara umum dan percobaan menggunakan Edmodo setelahnya untuk mendukung dalam pelaksanaan assessment for learning. Kegiatan asessment for learning berbasis Edmodo meliputi pemberian task, pengumpulan task, pemberian feedback dari guru kepada siswa serta pengerjaan revisi task. Post-test beserta kuesioner respon siswa diberikan kepada partisipan setelah mengumpulkan revisi task terakhir. Peningkatan yang terjadi pada setiap indikator kreativitas berbeda. Indikator bertindak dengan ide-ide kreatif merupakan indikator yang mengalami peningkatan terbesar dengan nilai kemampuan awal cukup (63) menjadi sangat baik (94) dengan n-gain yang tinggi (0,8). Pada capaian mastery learning pada keseluruhan task, indikator bertindak dengan ide-ide kreatif merupakan indikator dengan hampir seluruh (87%) siswa mencapai mastery. Sebagian besar siswa memperoleh nilai penguasaan konsep yang sedang sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Sebagian kecil (29%) siswa memiliki kecenderungan memperoleh nilai yang sama antara nilai kreativitas dengan penguasaan konsep respon terbuka. Seluruh siswa memberikan tanggapan "cukup" terhadap penggunaan asesmen berbasis Edmodo. Walaupun demikian, terdapat beberapa masalah dalam penggunan Edmodo karena keterbatasan akses internet. -------- This research was aimed to analyze changes in student's creativity in the respiratory system after using Edmodo-based performance assessment. In this research measured 21st century creativity indicators in which creating ideas, evaluating and developing ideas, accepting group input, and acting with creative ideas. In this research, one group pre-test post-test design was used. The instrument used consisted of pre-test and post-test questions about conceptual knowledge, three task which contains description questions, and student response questionnaires. At the beginning of the study participants were given a pre-test, and generally introducing Edmodo and learn to use Edmodo to support the implementation of assessment for learning. Edmodo-based assessment for learning activities include giving task, gathering task, giving feedback from teachers to students, and task revision. Post-test and student response questionnaire were given to participants after collecting the final revision of the task. The increase that occurs in each indicator of creativity is different. The indicator of acting with creative ideas is the indicator that has the largest increase with a sufficient (63) initial ability score to be very good (94) with a high n-gain (0.8). In mastery learning achievements in all tasks, acting with creative ideas are indicators with the almost entirely (87%) of students achieving mastery. Most students get moderate concept grade at pre and post. A small proportion (29%) of students have a tendency to get the same value between the value of creativity with the open response test. All students gave "sufficient" responses to the use of Edmodo-based assessments. However, there are some problems in using Edmodo due to limited internet access. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a QH301 Biology 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/39770/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3977/