PENERAPAN MODEL LOKAKARYA MENULIS DENGAN PEER FEEDBACK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS EKSPOSISI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Rendahnya kemampuan menulis eksposisi dan pentingnya apresiasi terhadap hasil tulisan menjadi latar belakang pada penelitian ini. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan dari penelitian untuk mengetahui kemampuan menulis eksposisi peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan pada kelas kon...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Fitri Hidayatun, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/49/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04282 am a22002773u 4500
001 repoupi_40900
042 |a dc 
100 1 0 |a Fitri Hidayatun, -  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN MODEL LOKAKARYA MENULIS DENGAN PEER FEEDBACK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS EKSPOSISI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA 
260 |c 2019-08-26. 
500 |a http://repository.upi.edu/40900/1/S_IND_1507252_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40900/2/S_IND_1507252_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40900/3/S_IND_1507252_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40900/4/S_IND_1507252_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40900/5/S_IND_1507252_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40900/6/S_IND_1507252_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40900/7/S_IND_1507252_Appendix.pdf 
520 |a Rendahnya kemampuan menulis eksposisi dan pentingnya apresiasi terhadap hasil tulisan menjadi latar belakang pada penelitian ini. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan dari penelitian untuk mengetahui kemampuan menulis eksposisi peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan pada kelas kontrol; kemampuan menulis eksposisi peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan menggunakan model lokakarya menulis dengan peer feedback pada kelas eksperimen; signifikansi pada kemampuan menulis eksposisi peserta didik pada kelas eksperimen dan kontrol. Metode penelitian eksperimen kuasi dengan desain nonequivalent control group design digunakan dalam penelitian ini. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 29 Bandung. Data penelitian dikumpulkan melalui tes dan lembar observasi proses pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus-rumus statistik dengan bantuan SPSS Statistics 25. Berdasarkan analisis data, terdapat peningkatan pada kelas eksperimen dari rata-rata nilai 64,3 menjadi 72,2 dan pada kelas kontrol dari 63,4 menjadi 65,3. Sedangkan berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t, terlihat perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis eksposisi antara kedua kelas. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji-t yang menunjukkan nilai thitung 3.537 dan ttabel pada tabel distribusi t dengan α=0.05 yaitu 1.658 sehingga thitung>ttabel. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan model lokakarya menulis dengan peer feedback yang digunakan pada kelas eksperimen lebih berpengaruh daripada model pembelajaran yang digunakan pada kelas kontrol.;--The low student's ability to write exposition and the importance appreciation for the result of writing become the background in this study. Based on this background, the purpose of this research is to finding the students' ability to write exposition before and after has been treated in the control class; the students' ability to write exposition use writing workshop model with peer feedback before and after has been treated in the experiment class; and significance of students' ability to writing exposition in the experimental and control clasess. The quasiexperimental research subjects in this study were 8th grade students of SMP Negeri 29 Bandung. Research data were collect through tests and observation sheets of the learning process. The data from each class were analyzed using statistics formulas with SPSS Statistics 25. Based on data analysis, there was an increase in the experimental class from an average value 64.3 to 72.2 and in the control class from 63.4 to 65.3. While based on this results of hypothesis test using uji-t, a significant difference was seen in the students' ability to write exposition between the two classes. The result of uji-t wich showed the value of t-count 3.537 and t-table in the distribution table with α=0.05 is 1.658 so that t-count>t-table. The conclusion from this study is writing workshop model with peer feedback a used in the experimental class is more influental than model a used in control class. 
546 |a en 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
690 |a PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/40900/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/49/